STRUKTUR BIOPSIKOLOGI DAN PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG PSIKOLOGI

March 08, 2018

Biopsikolgi adalah ilmu yang mempelajari tentang mekanisme perilaku dan hubunganya dengan fungsi fisiologis tubuh. Biopsikologi merupakan pendekatan psikologi dari aspek biologi. Pinel (2009) menyebutnya dengan istilah Biopsikologi karena menunjukan pendekatan biologis pada studi tentang psikologi bukan pendekatan psikologi pada studi tentang biologi.

KETERKAITAN BIOLOGI DENGAN KAJIAN BIOPSIKOLOGI
Sejauh mana hubungan psikologi dengan biologi? Biologi mempelajari kehidupan jasmaniah manusia atau hewan, yang bila dilihat dari objek materialnya, terdapat bidang yang sama dengan psikologis, hanya saja objek formalnya berbeda. Objek formal biologi adalah kehidupan jasmaniah (fisik), sedangkan objek formal psikologi adalah kegiatan atau tingkah laku manusia.
Menurut Bonner (dalam Sarwono, 1997:17), perbedaan psikologi dan biologi adalah sebagai berikut. Psikologi merupakan ilmu yang subjektif, sedangkan biologi adalah ilmu yang objektif. Psikologi disebut ilmu subjektif karena mempelajari pengindraan (sensation) dan persepsi manusia sehingga manusia dianggap sebagai subjek atau perilaku, bukan objek. Sebaliknya, biologi mempelajari manusia sebagai jasad atau objek. Jadi, perbedaan selanjutnya antara psikologi dan biologi adalah psikologi mempelajari nilai-nilai yang berkembang dari persepsi subjek, sementara biologi mempelajari fakta yang dipelajari perilaku secara “molar” (perilaku penyesuaian diri secara menyeluruh), sementara biologi (termasuk ilmu faal) mempelajari perilaku manusia secara “molekular”, yaitu mempelajari molekul-molekul (bagian-bagian) dari perilaku berupa gerakan, reflex, proses ketumbuhan, dan sebagainya. 

Cabang Biopsikologi sebagai Ilmu Psikologi
  • PHYSIOLOGICAL PSYCHOLOGY 

Ilmu yang berfokus pada manipulasi sistem syaraf melalui operasi,terapi elektrik dan terapi kimiawi dalam kondisi eksperimen yang dikontrol dengan ketat. Dalam eksperimennya umumnya digunakan hewan sebagi subyek penelitian.
  • PSYCHOPHARMACOLOGY


Cabang ilmu yang bergerak dalam bidang yang sama namun fokusnya lebih kepada obat-obatan (zat kimia) yang mempengaruhi sistem syaraf selanjutnya berpengaruh terhadap perilaku. Pengaruh zat kimia terhadap otak tidak semata-mata berkonotasi buruk (misalnya pengaruh zat depresif/melemahkan terhadap aktivitas otak, tetapi juga berusaha menemukan zat kimia yang berguna dalam penyembuhan kerusakan otak dan zat-2 yg dpt mengurangi kecanduan obat).
  • NEUROPSYCHOLOGY

Ilmu yang mempelajari kemunduran perilaku akibat kerusakan otak. Dapat dilakukan melalui eksperimen berdasarkan kasus atau suatu penelitian quasi eksperimen terhadap pasien yang menderita kerusakan otak karena penyakit, kecelakaan atau operasi.
  • PSYCHOPHISIOLOGY 

Ilmu yang mempelajari kaitan antara fisiologi dan perilaku dengan mencatat respon fisiologis manusia yang disebabkan reaksi psychologisnya seperti atensi, emosi,proses penerimaan informasi.
  • COMPARATIVE PSYCHOLOGY 

lebih menekankan pada perilaku biologis daripada perilaku yang disebabkan oleh mekanisme sistem syaraf. Mempelajari perbandingan perilaku spesies yang berbeda serta terfokus pada genetik, evolusi, dan perilaku adaptasi.



PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG PSIKOLOGI

E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi itulah yang disebut dengan E-counseling atau e-mail counseling. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyususn rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interaktif dan komunikasi verbal in-person menciptakan tantangan etika baru yang sebelumnya tidak di temui dalam terapi face-to-face (secara langsung).

Bentuk lain dari penerapan teknologi dalam psikologi adalah program SPSS. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secara manual dapat teratasi.



Sumber : 

You Might Also Like

0 comments