Kunjungan PP IPTEK

May 08, 2017



PP IPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan salah satu objek di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). PP IPTEK adalah sebuah tempat dipamerkannya alat – alat peraga yang berhubungan dengan IPTEK, yang menjelaskan tentang apa, mengapa, dan bagaimana IPTEK dipelajari, diciptakan serta dimanfaatkan. Jika kita berkunjung ke PP IPTEK kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang IPTEK secara menyenangkan. Di PP IPTEK, alat – alat peraga didesain secara edukatif, ilmiah, interaktif dan menghibur untuk pengunjung. Ini bertujuan untuk memudahkan anak memahami serta membuat belajar ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi menyenangkan.

PP IPTEK buka hari senin – jumat pukul 08.30 – 16.30 WIB dan hari sabtu & minggu pukul 8.30 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk PP IPTEK adalah Rp.16.500. PP IPTEK menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung, diantaranya adalah lebih dari 250 alat peraga yang bisa dicoba, auditorium, ruang seminar dan lain – lain. Alat – alat peraga IPTEK diletakkan di area berdasarkan bidang keilmuannya. Ada area antariksa, energi, mekanika, transportasi, arena peneliti cilik, kesehatan dan lain – lain. Kita bisa mencari sendiri pengetahuan yang dibutuhkan dengan cara mencoba sendiri alat peraga yang ada. Di dekat alat peraga biasanya ada penjelasan yang tertulis tentang alat peraga tersebut. Meliputi nama, kegunaan dan bagaimana cara kerjanya.

Beberapa alat peraga yang ada di PP IPTEK :
1.       Parabola penghantar jarak jauh
Parabola berdiameter lebih dari 2 meter dan berpasangan ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh dari kita.
2.       Simulator gempa bumi
Rumah kecil yang dibuat sedemikian rupa agar menyerupai rumah sungguhan yang didalamnya berisi perabotan rumah tangga ini nantinya akan bergoyang – goyang layaknya gempa bumi sungguhan.
3.       Gelombang dan getaran
Alat peraga ini untuk membedakan gelombang tsunami dan air laut.
4.       Simulasi tsunami
Sama seperti rumah simulasi gempa bumi, rumah ini dibuat untuk merasakan langsung getaran saat terjadi tsunami.
5.       Arena peneliti cilik
Area ini dikhususkan untuk anak 4 tahun kebawah. Di area ini anak diajak untuk belajar sains dengan menyenangkan.

6.       Wahana robotik
Di dalam wahana ini ada banyak berbagai bentuk robot seperti robot sungguhan.
7.       Bola melayang
Bola yang diletakan diatas blower akan melayang kekanan dan kiri.
8.       Rambatan bunyi
9.       Tabung hampa
10.   Mesin Giroskop
11.   Cermin datar
12.   Panel surya

You Might Also Like

0 comments