PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

March 16, 2017

Dengan akal budi yang dimiliki manusia, timbul rasa ingin tahu yang selalu berkembang dan tidak pernah dapat dipuaskan. Dalam benaknya manusia selalu bertanya : Apa sesungguhnya, bagaimana sesuatu bisa terjadi dan mengapa demikian tentang benda dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya, termasuk juga tentang dirinya sendiri. Karena rasa ingin tahu ini manusia ingin memahami dan menjelaskan gejala - gejala alam serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapi, sehingga akhirnya manusia dapat mengumpulkan pengetahuan.

Pengetahuan yang diperoleh ini tidak hanya obyek - obyek yang dapat diamati dengan pancaindra saja atau meliputi tentang kebutuhan praktis sehari - hari, tapi juga masalah lain yang berhubungan dengan baik atau buruk, indah atau tidak indah, dan sebagainya.


Dengan meningkatnya kemampuan mengingat dan berpikir, manusia dapat mendayagunakan pengetahuan terdahulu dan kemudian menggabungkannya dengan pengetahuan yang baru sehingga menghasilkan pengetahuan yang lebih baru lagi. Proses demikian terus berlangsung sehingga terjadi akumulasi pengetahuan seperti sekarang ini. Perkembangan pengetahuan sekarang lebih dipermudah lagi dengan adanya tukar menukar informasi mengenai pengetahuan dan pengalaman sehingga akumulasi pengetahuan berlangsung lebih cepat. 



Source : Harmoni, Ati. 1992. Pengantar Ilmu Alamiah Dasar (IAD). Depok : Penerbit Gunadarma

You Might Also Like

0 comments